Senin, 22 Oktober 2012

SERUM DAN PELEMBAB




SERUM awalnya adalah istilah medis untuk cairan darah yang sudah terpisah dari butiran-butiran darah, sehingga cairan tersebut tidak berwarna. kaya protein, hormon, dan bahan-bahan nutrisi lainnya.
serum sebenarnya dipakai sebagai teknik marketing supaya produk yang dipasarkan terkesan lebih menarik, dan seolah-olah memiliki efek medis, dan berkhasiat dari pada pelembab biasa.

pemakaian istilah tersebut sudah meluas di dunia kecantikan. hanya saja artinya bergeser. serum bukan lagi cairan darah tetapi merupakan pelembab berbentuk cair seperti jeli, tidak berwarna. tidak terlalu kental dibandingkan dengan pelembab berbentuk lotion atau krem.Apabila dioleskan pada kulit, akan terasa dingin, mudah meresap, dan sangat ringan di kulit.

Serum tak berbeda jauh dengan pelembab, serum mengandung bahan-bahan nutrisi, bahan anti oksidan, dan mampu menghasilkan energi untuk kulit.kelebihannya serum mengandung silikon lebih banyak sebagai pengganti bahan pengental yang biasa terdapat pada pelembab biasa. sehinggga apabila dioleskan pada kulit akan terasa halus dan lembut.serum merupakan salah satu bentuk pelembab yang bertujuan untuk melembabkan dan menambah nutrisi kulit, maka penggunaannya bisa dikulit wajah, sekitar mata, kulit tubuh, kulit kepala, dan lain-lain sebagainya tergantung dari bahan isinya.

Serum yang mengandung kolagen dapat menambah kekenyalan kulit. sedangkan mereka yang ingin melembabkan wajah, bisa menggunakan serum yang mengandung oryza ceramid. serum mempunyai efek yang lebih kuat dan lebih cepat meresap dari pada pelembab biasa.

isi serum

  • bahan yang berasal dari hewan
  • bahan yang berasal dari ekstrak tumbuhan
  • Vitamin
  • enzim
memilih serum
begitu banyak serum yang dijual di gerai-gerai kosmetik, gimana memilih serum? serum yang baik menyertakan informasi yang lengkap pada kemasannya, bahan kandungannya( berasal dari hewan atau tanaman")cocok untuk jenis kulit apa saja, sudah diuji secara dermatology, berlabel non-codegenic( tidak menimbulkan komedo)dan non -acnegenic (tidak menimbulkan jerawat) tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi atau iritasi, kemasannya baik (dalam botol kaca yang bening atau berwarna gelap)

cara menggunakan serum
caranya sangat mudah cukup dioleskan langsung pada kulit, tidak perlu menggunakan pipet atau suntikan. kecuali bila tujuannya sebagai filler (seperti kolagen dan elastin) yang di suntikan kedalam kulit agar hasilnya lebih baik untuk mengisi lekukan kerutan kulit.

menyimpan serum
simpanlah serum sesuai dengan yang tertera pada kemasan. ada yang boleh disimpan di temperatur ruangan, namun ada pula yang harus disimpan di kulkas (bukan freezer)pada suhu 4 derajat Celcius. perhatikan juga tanggal kadaluarsanya, karena dapat menyebabkan iritasi.

serum untuk rambut
serum ini biasanya dalam bentuk kapsul elastis transparan bervolume 1,2 ml- 5ml. serum ini sangat praktis untuk mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan rambut. Serum ini bisa di dapat di salon-salon. cara pemakaiannya cukup di oleskan pada kulit kepala.

1 komentar:

  1. kalo ada serum yang dapat memberikan hasil instant apakah itu sudah pasti memakai bahan plasenta hewan?
    http://www.propolismalang.com

    BalasHapus