Rabu, 03 Oktober 2012

Cara Mengatasi Insomnia pada Anak


 



 INSOMNIA tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak- anak juga dapat mengalaminya. kondisi seperti ini dapat menganggu tumbuh kembangnya seorang anak kedepannya.karena kurang tidur dalam keseharian anak menjadi lemah, mudah marah, mood menjadi berubah, dan juga sulit mengingat.
jika hal ini dibiarkan terus akibatnya akan menganggu pertumbuhan anak baik secara psikis maupun fisik.identifakasi penyebab dan penanganan yang tepatbdiperlukan untuk mengatasinya.
ada beberapa faktor yang mengakibatkan gangguan tidur pada anak antara lain:

Ketakutan dan Stress

munculnya masalah ini dapat disebabkan kondisi dirumah, tempat bermain, atau disekolah. jika anda ingin mengetahuinya biarkan anak yang berbicara jangan anda menggalinya.kadang anak tidak ingin mengutarakan secara langsung, namun terlihat dari prilaku atau kadang trrucap secara tak sengaja.salah satu ketakutan pada anak terjadi karena punya adik baru, jika hal itu terjadi, berikan perhatian lebih agar dia tetap merasakan kehangatan dari keluarga.

Takut bila tidur
kadang anak ga bisa tidur karna cemas terhadap kegiatan esok harinya. hal ini terjadi karena adanya tuntutan sekolah atau aktivitas lainnya.dalam hal ini penting bagi orang tua agar dapat memberikan pengertian pentingnya tanggung jawab, namun tidak dihadipi dengan tekanan. jangan membebani anak dengan berbagai tugas yang memberatkan.jika anak memahami bahwa tanggung jawab harus dilaksanajan perlu juga istirahat untuk hal itu. membuatnya lebih mudah tidur.

Masalah Saluran Pencernaan
masalah pada saluran pencernaan juga dapat mengakibatkan insomania pada anak. sebagian besar anak ada mengatakan pada orang tua, namun ada juga beberapa anak diam. untuk mencegah hal itu terjadi perhatikan diet yang dikonsumsi, jangan biarkan anak makan makanan yang banyak mengandung gula atau makan saat larut malam. Anjurkan minum air putih, makan buah-buahan yang segar atau dibuat jus.

Nyeri di Tubuh
Sulit tidur dapat disebabkan oleh rasa nyeri misalnya sehabis aktivitas berat atau ada keluhan lain. jika hal ini terjadi jangan biarkan anak berolahraga terlalu berat segra berkonsultasi dengan dokter.

Gangguan diluar Jadwal
biasanya disebabkan menonton televisi terlalu lama, bermain komputer saat larut malam. berikan pengertian pada anak untuk tidak melakukan hal tersebut.

Kiat anak agar mudah tidur
@ Pastikan saat ditempat tidur adalah waktu tidur, sehingga tidak menonton televisi, membaca, mengerjakan PR.
@ Buatlah jadwal yang konsisten saat anak pergi ketempat tidur dan bangun, misal pada saat liburan dan saat akhir pekan.
@ Hentikan semua stimulasi 30-60 menit sebelum tidur, seperti bermain video game, nonton tv, bicara melalui telepon.
@ Jangan biasakan anak banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.
@ Lakukan latihan atau olahraga yang teratur pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar