Rabu, 10 Oktober 2012

Penyebab Gigi Sensitif



           Sering merasa nyeri atau ngilu digigi pada saat makan atau minum minuman dingin, panas, dan asam. itu adalah tanda gigi sensitif.Gigi sensitif menunjukan adanya hipersensitif dentin yaitu terbukanya dentin (lapisan dibawah email) akibat menipisnya email atau turunnya gusi. kondisi ini akan membuat rangsangan makanan dan minuman langsung mengenai dentin dan di teruskan ke syaraf gigi.dan akhirnya timbul rasa nyeri yang singkat dan tajam. adapun gigi yang paling rentan terhadap hipersensitif  dentin adalah taring, geraham kecil atas, geraham serta gigi seri.
            Gigi sensitif bukanlah permasalahan sepele, seandainya dibiarkan akan terjadi sakit berkepanjangan, sampai pada kematian gigi. Gigi sensitif juga bisa menyebabkan masuknya bakteri ke leher gigi yang terbuka, dan akhirnya menyebabkan penyakit sistemik seperti ginjal dan jantung.
cara mengatasi gigi sensitif:

kenali penyebabnya
          Bila penyebabnya adalah kerusakan pada tumpatan atau tambalan maka perbaikilah tumpatan tersebut. bila disebabkan kesalahan meyikat gigi maka perlu melakukan  pemilihan sikat gigi dan cara menyikat gigi yang baik.
selain itu, penyebab gigi sensitif juga disebabkan karena sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam atau terlalu manis, kebersihan mulut yang buruk, kebiasaan menyikat gigi yang salah, penumpukan plak, pengikisan email dan tindakan pemutihan gigi atau bleaching yang berlebihan.

pilih pasta gigi yang tepat
perawatan reguler dirumah merupakan langkah menyisiati gigi sensitif. perawatan mencakup menyikat gigi dengan baik dan pasta gigi yang tepat. penggunaan pasta gigi yang mengandung garam-garam potassium citrate, karena kandugan ini dapat melakukan penetrasi ke tubulus dentin sehingga terjadi depolarisasi ujung-ujung syaraf gigi yang menurunkan rasa ngilu.selain itu kombinasi zinc dan triclosan juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya gigi sensitif.

konsultasi ke dokter
sebenarnya kita harus tau kapan waktu yang tepat berkunjung ke dokter gigi.terkadang, gigi sensitif disebabkan adanya kerusakan yang membutuhkan bantuan dokter segera. dokter gigi akan menemukan penyebab utama keluhan gigi sensitif kita,kemudian segera memperbaiki gigi yang bermasalah tersebut, seperti penambalan ulang atau memperbaiki kelainan struktur jaringan keras gigi seperti karies, erosi dan abrasi.

Terapkan pola makan seimbang.
           perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk produksi air liur, juga megonsumsi gizi seimbang kaya gandum murni, disamping komposisi nutrisi yang mengandung kalsium, fosfat dan protein seperti keju untuk  proses remineralisasi, karena hal itu akan menambah jumlah air liur, menetralkan asam sehingga gigi terlindungi. remineralisasi juga menghambat bakteri plak yang mengurangi jumlah bakteri dan produksi asampun berkurang.

agar tetap nyaman saat menikmati santapan favorit, ikuti saran berikut:

  • hilangkan kebiasaan buruk menggosok gigi dengan tekanan keras dan gerakan kiri-kanan.
  • Sikat gigi waktu yang tepat, kurang lebih 20 menit setelah makan. selepas makan kondisi mulut masih asam, penyikatan akan meruntuhkan email yang berperan sebagai pelindung gigi.
  • Gunakan sikat gigi dengan  bulu sikat yang lembut dan kepala sesuai dengan ukuran mulut sehingga bisa menjangkau daerah yang sulit.
  • Hindari penggunaan sikat gigi yang bulu sikat nya sudah rusak, ganti sikat gigi  apabila bulu sikat gigi sudah tak beraturan lagi karena dapat melukai gusi.
  • Bersihkan gigi pada seluruh permukaan gigi sampai ke celah-celah gigi dan saku gusi.
  • Lakukan pijatan gusi untuk memperlancar peredaran darah. caranya, sikat gigi bagian atas gusi kearah bawah (gigi) dan sikat gigi bagian bawah gusi kearah atas (gigi) atau disebut teknik "merah putih".
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang dapat membunuh bakteri dan dapat menguatkan email. temasuk Zinc dan tricolsan karena mampu mencegah timbulnya gigi sensitif di kemudian hari.
  • Hindari konsumsi makanan/minuman yang terlalu asam atau manis, atau yang memiliki perbedaan suhu ekstrim pada saat yang bersamaan. termasuk makanan yang merusak gusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar